Kamis, 23 April 2009

ANALISA SWOT

Analisis SWOT

Diarsipkan di bawah: Bisnis

Sebuah analisa tentang lingkungan sekitar yang berkaitan dengan masalah perusahaan guna menghadapi persaingan yaitu internal dan eksternal

1. Internal adalah Strengths dan Weakness

2. Eksternal adalah Opportunities dan Threats

Analisa SWOT menyediakan informasi yang sangat membantu untuk menyesuaikan kemampuan dan sumber daya perusahaan dalam menghadapi persaingan di lingkungan yang sedang beroperasi.
Seperti strategi formulasi dan pemilihan. berikut menunjukkan bagaimana analisa SWOT sesuai dalam lingkungan:
swotanalysis1
Berikut adalah penjelasannya:

1. Strengths

Adalah kekuatan perusahaan akan kemampuan dan sumberdaya yang dimiliki yang bisa digunakan sebagai dasar pengembangan sebuah keunggulan dalam bersaing. Contoh kekuatan adalah:
* Hak paten
* Nama merek yang kuat
* Reputasi yang baik diantara pelanggan
* Akses khusus untuk sumber daya alami kelas tinggi
* Kemudahan akses untuk distribusi jaringan

2. Weakness

Kekuatan tertentu yang ada mungkin bisa dilihat sebagai kelemahan. Sebagai contoh:
* Banyaknya perlindungan paten
* Nama merek yang lemah
* Reputasi yang buruk diantara konsumen
* Struktur biaya yang tinggi
* Banyaknya akses untuk sumber daya alami yang terbaik
* Banyaknya akses pada channel kunci masalah distribusi

Dalam beberapa kasus, kelemahan dan kekuatan adalah dua sisi mata uang yang saling bertentangan. Ketika kapasitas ini dianggap sebagai kekuatan yang tidak dishare oleh pesaing, bisa dianggap sebagai kelemahan jika penanaman modal yang besar dalam kapasitas produksi menghambat perusahaan dari bereaksi dengan cepat untuk mengubah strategi lingkungan

3. Opportunities

Analisis lingkungan luar bisa membuka kesempatan baru tertentu demi keuntungan dan perkembangan perusahaan. Contoh kesempatan adalah:
* Kebutuhan konsumen yang tidak terpenuhi
* Kedatangan teknologi baru
* Pencabutan penghalang perdagangan internasional

4. Threats

Mengubah lingkungan eksternal juga mendatangkan ancaman bagi perusahaan. Contoh dari ancaman adalah:
* Mengubah selera konsumen jauh dari produk yang dihasilkan perusahaan
* Kurangnya barang pengganti
* Pergantian baru
* Meningkatnya penghalang perdagangan

SWOT Matrix

Sebuah perusahaan tidak seharusnya memerlukan mengejar kesempatan yang menguntungkan. Lebih jauh lagi, mungkin kesempatan yang lebih baik akan dimiliki pada pengembangan strategi bersaing dengan cara mengidentifikasi kecocokan antara kekuatan perusahaan dan kesempatan yang akan datang. Dalam beberapa kasus, perusahaan bisa mengatasi satu kelemahan yang bertujuan untuk menyiapkan diri untuk mengejar kesempatan yang baik.

Untuk mengembangakan strategi bisa menggunakan SWOT matrix (juga dikenal sebagai TOWS Matrix) :
swot_matrix
* Strategi S-O - mengejar kesempatan yang bagus dan cocok untuk kekuatan perusahaan
* Strategi W-O - mengatasi kelemahan untuk mendapatka kesempatan
* Strategi S-T - mengidentifikasi cara yang mana perusahaan bisa menggunakan kekuatannya untuk mengurangi kerentanan terhadap ancaman luar
* Strategi W-T - mengembangkan rencana pertahanan untuk mencegah kelemahan perusahaan untuk menjadikannya lebih bisa mengatasi masalah ancaman dari luar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar